Home Headline Mahasiswa KKN UNS Terapkan Edukasi, Pendidikan & Ketahanan Pangan Covid-19 di Desa...

Mahasiswa KKN UNS Terapkan Edukasi, Pendidikan & Ketahanan Pangan Covid-19 di Desa Gondang

416
0

MAGETAN – Pandemi Covid-19 berdampak besar pada hampir seluruh aspek kehidupan. Banyak permasalahan terjadi akibat adanya wabah Covid-19.

Salah satunya adalah penutupan sekolah berdampak pada anak-anak yang kurang mendapat perhatian terkait belajar dan anak-anak yang mulai jenuh selama pandemi Covid-19.

Permasalahan lainnya adalah masih banyaknya masyarakat yang belum memahami maksud dari protokol kesehatan terkait upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 sehingga belum menerapkan protokol kesehatan tersebut.

Selain itu, banyak karyawan pabrik terkena PHK akibat pembatasan ekspor oleh pemerintah mengakibatkan banyak yang kehilangan mata pencahariannya.

Salah satu wilayah yang terkena dampak pandemi Covid-19 adalah Desa Gondang Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan.

Pada tanggal 15 Mei 2020, Universitas Sebelas Maret menerjunkan Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 di tempat tinggal masing-masing dalam rangka membantu meminimalisir dampak dari Covid-19 selama satu bulan.

Salah satunya di Desa Gondang RT 02/RW 01. KKN dilakukan secara individu oleh Cindy Puspitasari (NIM H0817025) di bawah bimbingan Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si.

Program kerja yang dilaksanakan terdiri dari pembentukan kelompok mandiri belajar untuk memudahkan konsultasi belajar dan pemberian edukasi PHBS kepada anak-anak agar terhindar dari penularan virus.

Program kerja lainnya yaitu pemberian edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19 dengan membuat grup RW Tangguh Covid-19 untuk saling sharing informasi mengenai Covid-19.

Pemasangan MMT dan pamflet serta membagikan masker kepada masyarakat dalam rangka menghubungkan penjahit yang sepi orderan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Selain itu, terdapat program kerja ketahanan pangan yaitu dengan membuat budikdamber atau budidaya ikan dalam ember.

Dengan terlaksananya program KKN Covid-19 di tempat tinggal mahasiswa ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. (Cindy Puspitasari Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian UNS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here