Home Budaya & Wisata Batik Kepuhrejo, Potensi Baru Magetan

Batik Kepuhrejo, Potensi Baru Magetan

163
0

MAGETAN – Potensi baru Magetan kini dikembangkan, Batik Kepuhrejo siap bersaing di pasar fashion domestik. Motif andalan kacang tanah, hasil dari penggalian kultur masyarakat setempat.

Bupati Magetan Suprawoto melaunching langsung produk batik buatan warga Desa Kepuhrejo Kec. Takeran, Rabu (1/7). Bertempat di Balai desa, batik dengan berbagai motif diperkenalkan kepada warga.
Dalam sambutannya, bupati sangat mengapresiasi pelaku usaha batik di deaa setempat. “Pemerintah selalu membuat kebijakan yang pro rakyat. Salah satu nya adalah mendukung pembuatan batik khas daerah,” katanya.

Bahwa dengan batik ini, diharapkan masyarakat bisa tumbuh, kesejahteraan meningkat, serta menjadi ciri khas produk unggulan Magetan.
Ditambahkan, nantinya produk ini akan diperkenalkan kepada warga Magetan dan juga warga diluar wilayah agar semakin banyak yang mengatahui. “Kita tahunya batik Sidomukti, nanti tiap hari Kamis dan Jum’at diharapkan untuk memakai seragam batik khas Magetan,’ kata Suprawoto.

Diharapkan pula, untuk terus meningkatkan kualitas agar mampu menembus pasar kelas menengah ke atas. “Pemasaran dapat memanfaatkan tekhnologi virtual, dengan meningkatkan inovasi sehingga mampu bersaing di pasar,” tambahnya.
Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Kepuhrejo Sujarwo mengatakan bahwa batik tulis tersebut diproduksi dengan memberdayakan masyarakat setempat. Berbagai macam motif digunakan sebagai penggambaran kearifan lokal, serta potensi desa.

Selain motif andalan kacang tanah, ada bermacam motif lain seperti batik jeruk dan batik jumput.

Kacang tanah menjadi motif ikonik batik karena hampir 80 % petani setempat mengandalkan produk tersebut sebagai hasil pertanian. Bahkan Kepuhrejo menjadi produsen terbesar kacang tanah di Magetan.

Kepala desa berharap agar bupati beserta dinas terkait mau memperkenalkan batik ini agar warga desa dapat terus berkarya. “Masyarakat dapat diberdayakan, hingga nantinya dapat mengangkat Magetan melalui produk batik,” tandasnya.

Selain itu, dapat membantu program pemerintah dalam menciptakan masyarakat yang produktif, serta dapat mengedukasi pelajar dan mahasiswa khususnya di bidang batik. (pin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here