Home Budaya & Wisata Wisata Sarangan Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Wisata Sarangan Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

595
0

MAGETAN – Usai ditutup akibat pandemi corona, Telaga Sarangan kembali dibuka bagi pengunjung. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi mengingat covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

Bupati Magetan Suptawoto hari ini, Senin (22/6) resmi melakukan uji coba pembukaan objek wisata Sarangan. Ini dilakukan agar sektor wisata tumbuh kembali dan perekonomian warga terus menggeliat.

Diketahui bahwa pandemi covid-19 belum juga berakhir, sehingga diberlakukan syarat khusus guna meminimalisir penyebaran dan tidak menjadi kluster baru nantinya.

Persyaratan wajib ini mulai dari penyemprotan disinfektan dipintu masuk retribusi, dilakukan pengecekan suhu tubuh bagi pengunjung dan kewajiban memakai masker.

Bupati Suprawoto mengatakan penerapan protokol kesehatan penting dilakukan agar menumbuhkan rasa aman. Bahkan pengunjung yang diketahui tidak memakai masker tidak diperbolehkan masuk.

Disamping syarat khusus, langkah antisipasi lainnya juga diberlakukan. Seperti pembatasan maksimal pengunjung dari kuota biasanya.
Bahwa penutupan Sarangan akibat pandemi telah melumpuhkan berbagai sektor. Telaga menjadi sepi pengunjung, bisnis perhotelan sepi, pelaku jasa usaha wisata lesu sehingga berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat.

Uji coba pembukaan new normal wisata Sarangan ini dilakukan selama 3 bulan ke depan. “Namun harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku” katanya.

Tidak hanya para pengunjung, pelaku jasa usaha wisata juga harus menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker, jaga jarak, dan penyediaan tempat cuci tangan. “Karena saat ini tidak ada vaksin paling ampuh kecuali kedisiplinan,” tambah Suprawoto.

Diharapkan pemberlakuan syarat ketat ini dapat dipatuhi oleh semua pihak. Agar Magetan dapat segera keluar dari pandemi ini. Sehingga sektor wisata bergerak maju, perekonomian warga juga ikut berkembang. (pin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here